Saturday, November 19, 2011

Hari Pahlawan

Tanggal 10 november mungkin kita tidak asing lagi dengan tanggal tersebut,Yap… tanggal tersebut merupakan hari pahlawan dan merupakan salah satu di antara berbagai hari bersejarah yang teramat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia dan hari  tersebut kita melaksanakan upacara bendera untuk mengenang para pahlawan dan menghargai jasa mereka. Tetapi tahukah kita dimana terjadinya dan bagaimana pahlawan kita berjuang ???? mari kita mengingat pertempuran 10 November.........
·         Awalnya Tentara sekutu mendarat di surabaya pada akhir October 1945, dimana pemuda surabaya merupakan benteng terkuat di surabaya. Terjadi pertempuran yang sangat sengit dengan 6000 tentara hindia belanda untuk menyelamatkan tawanan eropa. Bahkan Pemimpin tentara Inggris, Brigader Mallaby tewas tanggal 30 october 2008.
·         hal ini memicu sweeping dari tentara sekutu dan dibantu oleh angkatan udara mereka tanggal 10 November. Dalam operasi militer ini tentara sekutu berhasil menguasai surabaya selama 3 Hari. Namun arek-arek surabaya dengan senjata seadanya berhasil memberikan perlawanan yang sengit kepada tentara sekutu walaupun ribuan orang meninggal karena serangan ini dan sisanya melarikan diri ke daerah lain.
·         Serangan militer ini sebenarnya untuk meredam dan membatalkan kemerdekaan Republik Indonesia. Namun ternyata hal ini membangkitkan semangat di seluruh negeri ini untuk mempertahankan Kemerdekaan. Selain itu perjuangan di surabaya berhasil mendapatkan perhatian dari dunia. Sehingga dunia tahu bahwa Republik Indonesia merdeka dan memiliki dukungan yang sangat kuat dan luas dari Rakyatnya.
Sungguh besarjasa pahlawan kita mereka rela berkoban untuk negara, marilah kita selalu menghormati dan menghargai jasa mereka dengan belajar yang rajin, melakukan perbuatan yang jujur,dan melakuakn perbuatan yang berguna. Saya masih ingat perkataan  Romo Mangunwijaya: Apa guna kita memiliki sekian ratus ribu alumni sekolah yang cerdas, tetapi massa rakyat dibiarkan bodoh? Segeralah kaum sekolah itu pasti akan menjadi penjajah rakyat dengan modal kepintaran mereka. Semoga ini bisa menjadi permenungan kita bersama – sebagai ‘intelektual terpelajar’ – dalam merefleksikan peringatan hari Pahlawan dan mengisi kemerdekaan ini dengan penuh makna. MERDEKA !!!!!
Dikutip dari berbagai sumber


No comments:

Post a Comment